Air Kelapa Muda

بِسْـــــــــمِ ﷲِالرَّحْمَنِ الرَّحِيم

Allhamdulillah... entry pertama hari ini.... sebab kepanasan teringat air kelapa muda.... Saya dan suami selalu singgah beli air kelapa di Jitra berhampiran dengan Sek. Keb Kemunting.... Air kelapanya hanya RM1 per cup tapi keaslian kelapa itu terasa.... fuhhh... sedapppp....


Khasiat Air Kelapa
Air kelapa hijau sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh karena kandungan dalam air kelapa hijau terbukti manjur dan dapat menetralisir segala macam racun yang ada di dalam tubuh kita, racun yang disebabkan oleh zat kimia yang terbawa masuk ke dalam tubuh, bisa melalui makanan yang sudah terkontaminasi, bisa juga karena kebiasaan buruk kita yaitu : merokok, minum-minuman keras hingga mengkonsumsi narkoba yang sudah jelas merugikan tubuh kita dan banyak nyawa yang terenggut oleh kebiasaan buruk tersebut.

Pada dasarnya kelapa hijau mempunyai ciri khas yang terletak pada kulit dalam bagian atas, apabila di kupas berwarna merah muda (pink). Air kelapa bisa menetralisir / menawarkan racun yang ada di dalam tubuh kita, apalagi jika dicampur dengan susu. sebagaimana kita ketahui, susu dapat digunakan sebagai penawar racun dan menetralkan zat kimia berbahaya yang masuk ke tubuh kita.  Oleh karena itu, disini penulis ingin mengurai tentang air susu kelapa hijau. Sebenarnya masih banyak lagi manfaat yang bisa kita ambil dari air kelapa hijau.

Selama ini, air kelapa hanya dikenal sebagai pelepas dahaga. Bahkan, ada juga yang beranggapan bahwa air kelapa hanyalah limbah dari buah kelapa yang pantasnya dibuang. Padahal, dalam larutannya, air buah nyiur ini memiliki khasiat dan nilai gizi yang luar biasa. Bahkan saking luar biasanya sampai ada minuman kemasan air kelapa. Gimana? masihkah Anda menyepelekannya?

Bukan hanya kandungan unsur makro berupa nitrogen dan karbon saja, melainkan juga unsur mikro yang sangat dibutuhkan oleh tubuh terkandung dalam air kelapa. Unsur nitrogen di dalamnya berupa protein nabati yang tersusun dari asam amino, seperti alanin, sistin, arginin, alin, dan serin. Jika dibandingkan dengan asam amino yang terdapat di susu sapi, asam amino yang terkandung dalam air kelapa masih jauh lebih tinggi. Sementara unsur karbon dapat dijumpai dalam bentuk karbohidrat, seperti : glukosa, sukrosa, fruktosa, sorbitol, inositol dan lainnya. Begitu pula dengan unsur mikro dalam air kelapa berupa mineral yang dibutuhkan sebagai pengganti ion tubuh.

Khasiat air kelapa secara instan bisa kita rasakan setelah minum kelapa muda, tubuh kita terasa kembali segar dan fit. 

Jika diteliti lebih jauh, air kelapa ternyata mengandung beragam vitamin yang senantiasa dibutuhkan oleh tubuh, adalah vitamin C yang paling dominan, asam nikotinat, asam folat, asam pantotenat, biotin, serta riboflavin. Tak heran jika air kelapa banyak dimanfaatkan untuk bahan utama dalam pengobatan tradisional dan juga kecantikan wajah wanita.

Disamping itu, air kelapa juga mengandung mineral seperti natrium, kalium, calcium, magnesium, besi, copper, phosphor, sulfur dan chlorine, serta mengandung berbagai macam asam amino.

Selain mineral, air kelapa juga mengandung gula dengan kadar 1,7 - 2,6 % dan juga mengandung protein sebesar 0,07 - 0,55 %. Karena komposisi gizi yang cukup besar, maka tak heran jika air kelapa dijadikan sebagai bahan baku produk pangan. Bahkan di negara Filipina, air kelapa dimanfaatkan untuk proses pembuatan minuman, jelly, alkohol, dektran, cuka, dan nata de coco.


Sebagai info pelengkap, FAO (Food and Agriculture Organization) pada tanggal 14 September 2008 menyatakan bahwa air kelapa dapat digunakan sebagai minuman pelega dehidrasi yang alami.

Sumber: Kelapa Muda Bandung




3 comments:

  1. sedap...suka yg natural, yang tak boh air gula..

    ReplyDelete
  2. Saya pun sama macam sis Nohas. Suka minum air kelapa tanpa gula. Sedap minum time cuaca panas :)

    ReplyDelete
  3. kalau huda 2 gelas baru cukup kot hehe

    ReplyDelete

Powered by Blogger.